Eko, Sang Doktor Kaki Lima dari Institusi Pendidikan Tinggi Negeri di Semarang

Posted: Mei 14, 2012 in Uncategorized
Tag:, , ,

Infoakademika – Hal kecil di sekitar kita selalu menarik perhatian untuk dijadikan objek penelitian. Misalnya saja, pedagang kaki lima (PKL).

Obyek ini dipilih dosen Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Eko Handoyo untuk meraih gelar doktor dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. Dalam ujian terbuka di Program Pascasarjana Doktor Studi Pembangunan UKSW, Eko mempertahankan disertasi “Eksistensi Pedagang Kaki Lima: Studi tentang Kontribusi Modal Sosial terhadap Eksistensi PKL di Semarang”.

Menurut Eko, PKL memiliki modal sosial sebagai hasil interaksi di antara sesama PKL di lokasi masing-masing, yaitu Sampangan, Basudewo, dan Kokrosono.
“Dalam interaksi itu, kepemimpinan dan jiwa pengorbanan tokoh-tokoh PKL menulari etos pengorbanan kepada anggota kelompok pedagang yang memungkinkan menguatnya sikap bertahan dan melawan kebijakan Pemerintah Kota Semarang,” kata Eko seperti dilansir dari laman Unnes, Kamis (10/5/2012).

Berita selengkapnya di http://www.infoakademika.com/eko-sang-doktor-kaki-lima-dari-institusi-pendidikan-tinggi-negeri-di-semarang/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s